Klinik & Apotek Aulia Lestari

News & Tips

>
news
>
news detail

Puasa Aman & Nyaman bagi penderita diabetes

admin
admin
SHARE POST
TWEET POST

Puasa Ramadan dapat menjadi tantangan bagi penderita diabetes karena pola makan dan minum berubah. Namun, dengan beberapa penyesuaian, penderita diabetes masih dapat menjalankan ibadah puasa dengan aman dan sehat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu penderita diabetes menjalankan puasa dengan baik:

  1. Konsultasikan dengan dokter: sebelum memutuskan untuk berpuasa, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda cocok untuk berpuasa.
  2. Perhatikan pola makan: pastikan untuk tidak melewatkan sahur dan berbuka puasa tepat waktu. Sebaiknya sahur mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan lemak sehat, dan hindari makanan yang terlalu manis atau terlalu berlemak. Selama berbuka, hindari makanan dan minuman yang terlalu manis dan berlemak, dan perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.
  3. Perhatikan kadar gula darah: cek kadar gula darah lebih sering saat berpuasa, terutama saat awal-awal puasa dan menjelang berbuka. Jika kadar gula darah terlalu rendah atau terlalu tinggi, segera minum air putih atau konsumsi makanan yang sesuai untuk mengatasi hal tersebut.
  4. Tetap aktif: meskipun berpuasa, tetaplah aktif dan jangan mengurangi aktivitas fisik. Sebaiknya hindari olahraga saat cuaca terlalu panas atau saat kadar gula darah terlalu rendah.
  5. Hindari merokok dan minum alkohol: merokok dan minum alkohol dapat meningkatkan risiko komplikasi pada penderita diabetes.
  6. Perhatikan obat-obatan: bagi penderita diabetes yang mengonsumsi obat-obatan, konsultasikan dengan dokter apakah perlu menyesuaikan dosis atau jadwal konsumsi obat selama berpuasa.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, penderita diabetes dapat menjalankan puasa Ramadan dengan aman dan sehat. Namun, jika ada gejala atau komplikasi yang muncul, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selama bulan April Klinik Aulia Lestari melakukan pemeriksaan gula darah gratis setiap hari Jumat. silahkan hubungi 082269232898 atau 08122706742 untuk pendaftaran & info lanjut.

sahabat aulia juga bisa membaca https://www.aulialestari.com/2023/03/29/ramadhan-sehat-ramadhan-semangat/ agar puasa tetap semangat dan sehat.

Sehat selalu untuk kita semua, semoga puasa tahun ini diberikan kemudahan untuk melakukan amal ibadah dan diterima oleh allah SWT

https://goo.gl/maps/t28hntwGg6h3TXcP7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *